Jump to content
wiro212sableng

Macam macam penyakit jantung yang sering ditemui

Pengetahuan anda akan penyakit jantung  

1 member has voted

  1. 1. Tahukah anda dengan macam macam penyakit dan gangguan jantung?

    • Tahu
      0
    • Tidak tahu
      0
    • Kurang tahu
  2. 2. Adakah kejadian disekitar anda orang bermasalah dengan jantung?

    • Ada
      0
    • Tidak ada


Featured Comment

Salam sehat staker indo!!! :D 

Kembali lagi dengan Baim di sini untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai penyakit jantung. Agak ngeri mendengarnya bukan namun begitulah adanya, sebagai alat tubuh paling vital bagi tubuh kita jantung seringkali menjadi faktor terbesar yang menyebabkan kematian di negara kita. Sebutlah kematian beberapa selebritis nasional yang disebabkan gangguan jantung, adfie massaid, mamiek prakoso dan yang paking terakhir suami artis cantik Bunga Citra Lestari yang menghebohkan.

Ayo kita kenali dulu beberapa penyakit jantung dan gejalanya :

1. Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner terjadi ketika pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke jantung mengeras dan mengalami penyempitan. Biasanya kondisi ini dipicu oleh penumpukan kolesterol dan pembekuan darah di dalam arteri (aterosklerosis). Penyempitan arteri inilah yang menyebabkan aliran darah dan oksigen ke jantung menjadi berkurang, akibatnya organ tersebut tidak dapat berfungsi normal.

Gejala Jantung Koroner

  • Nyeri dada Tekanan atau beban berat terasa menghinggapi dada, seperti seseorang berdiri di atas dada. Nyeri ini biasanya akan hilang dengan istirahat.
  • Sesak napas Serangan jantung terjadi apabila terjadi blokade total dari arteri koroner. Jika dibiarkan tanpa penanganan, kondisi ini bisa menimbulkan komplikasi berupa serangan jantung

2. Jantung bawaan

Penyakit jantung bawaan merupakan kelainan bentuk jantung yang diderita seseorang sejak lahir. Kelainan ini bisa terjadi pada dinding jantung, katup jantung, pembuluh darah di dekat jantung, atau kombinasi semua kelainan tersebut. Penyakit jantung bawaan terjadi akibat gangguan proses perkembangan jantung pada janin. Belum diketahui apa yang menyebabkan gangguan tersebut, namun diduga ada kaitannya dengan faktor keturunan, konsumsi minuman keras, penggunaan obat tertentu selama hamil, atau infeksi saat trimester pertama kehamilan.

3. Gagal Jantung

Gagal jantung adalah kondisi jantung yang terlalu lemah untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Bila berlangsung dalam jangka panjang, gagal jantung dapat memicu komplikasi serius yakni henti jantung, edema paru, gagal hati, dan gagal ginjal. Gagal jantung adalah penyakit jantung yang berkembang perlahan-lahan secara bertahap. Kondisi ini biasanya diawali oleh adanya penyakit penyerta lain, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, diabetes, dan penyakit jantung bawaan.

Gejala Gagal Jantung

  • Sesak napas, yang terutama terjadi setelah melakukan aktivitas
  • Merasa lelah pada sebagian besar waktu dan mudah merasa lelah saat melakukan aktivitas
  • Bengkak pada kaki dan pergelangan kaki
  • Penurunan kemampuan untuk beraktivitas
  • Bengkak pada bagian perut
  • Penurunan nafsu makan dan rasa mual
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Peningkatan rasa ingin berkemih pada malam hari (pingin kencing)

4. Serangan jantung

Serangan jantung adalah kondisi darurat yang terjadi saat pasokan darah ke jantung terhambat secara total, sehingga sel-sel otot jantung mengalami kerusakan. Serangan jantung biasanya disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Gejala yang muncul biasanya berupa nyeri dada, sesak napas, dan keringat dingin. Jika tidak segera ditangani, serangan jantung bisa menyebabkan kerusakan permanen pada organ tersebut. Bila kerusakan makin meluas, penderita serangan jantung dapat mengalami henti jantung mendadak.

5.  Aritmia

Aritmia adalah gangguan pada irama jantung. Irama jantung pada penderita aritmia bisa terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak beraturan. Aritmia terjadi ketika rangsangan listrik yang mengatur detak jantung terganggu, sehingga jantung tidak bekerja dengan baik. Gangguan tersebut bisa disebabkan oleh penyakit jantung koroner, serangan jantung, kardiomiopati, dan gangguan elektrolit, seperti kelebihan kalium dalam darah (hiperkalemia) atau kekurangan kalium (hipokalemia).

Penyakit ini bisa saja tidak menunjukkan gejala. Akan tetapi, sebagian pasien dengan penyakit jantung ini dapat mengalami keluhan cepat lelah, pusing, nyeri dada, dada berdebar, dan serasa ingin pingsan.

Demikian beberapa gangguan dan penyakit jantung yang bisa kita kenali, sehingga kita tidak kaget apabila menemui kejadian kejadian di sekitar kita yang ada hubungannya dengan jantung. Semoga bermanfaat!!

Sumber:

https://www.alodokter.com/macam-macam-penyakit-jantung-gejala-dan-penyebabnya

https://www.merdeka.com/jabar/5-macam-penyakit-jantung-yang-paling-sering-ditemui-dan-gejalanya-kln.html

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wah parah hampir semua gejala saya mempunyainya 🤭

Namun terakhir saya pas cek up d RS sih hasilnya alhamdulillah aman2 aja dan saya juga sering donor darah juga lolos2 terus.

Kalau soal kolesterol ga begitu setuju memicu berbagai macam penyakit karena saya cukup mengenal gaya hidu keto dimana mereka full makan hewani, daging2an dan semua yang "disebut" kolesterol. Namun lebih banyak sehatnnya daripada yang berpola hidup normal

Share this post


Link to post
Share on other sites

Itu sengaja ane buat bira teman teman pada melek penyakit jantung gan, jadi kalau ada gejala gejala kek di atas bisa buru buru diperiksakan ke rumah sakit bisa terdiagnosa secara dini sehingga tidak membahayakan kesehatan kita. Nanti akan saya sambung dengan thread lain yg masih punya hubungan dengan topik ini, yaitu menjaga jantung supaya tetap sehat. :D Insya Allah

Share this post


Link to post
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now

×